Sabtu, 18 Desember 2010

Kiat Sehat, Penuh Energi

Mau tahu kiat-kiat sehat agar penuh energi ???

Yukss, intip 10 kiat sehat berikut ini ....

Pertama, meningkatkan daya tahan tubuh. Maksudnya disini, bukan untuk menghindari bakteri ataupun virus tetapi kita harus selalu optimis berprasangka baik, dan bersikap positif dalam situasi yang bagaimanapun negatifnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
Kedua, bernapas efektif yaitu 3 kali sehari (pagi, siang, sore) masing-masing sepuluh kali dengan perbandingan tarik napas (inhale) : tahan napas (hold) : hembuskan napas (exhale) = 1 : 4 : 2 .
Kalau menarik napas melalui hidung selama 5 detik, maka menahan napas selama 20 detik, dan menghembuskan napas selama 10 detik.
Ketiga, sikap tegak tinggi. Sikap tegak tinggi adalah sikap tubuh dengan mengangkat tulang rusuk dan tulang punggung setinggi - tingginya dan membusungkan dada. Bersikap tegak tinggi ketika duduk, berdiri, dan berjalan telah membantu banyak orang menjadi lebih sehat, bugar dan penuh percaya diri.
Keempat, olahraga 4 - 6 kali perminggu. Program olahraga yang baik adalah program yang membuat kita bernapas dalam dan membangun tubuh kita dalam tiga bidang yaitu daya tahan, kelenturan, dan kekuatan.
Kelima, mnum air putih minimal 8 gelas (2 - 3) liter perhari. Minumlah air hangat terutama sebelum makan bukan pada saat atau setelah makan. Minuman selain air putih seperti minuman ringan ( soft drink ) , teh atau kopi tidak diperhtungkan.
Keenam, makan lebih banyak makanan yang kaya air. Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri dari air. Kalau makanan dibagi menjadi makanan kaya air ( sayur dan buah ) dan makanan padat ( karbohidrat dan protein ), maka sesuai dengan komposisi tubuh seharusnya 70 persen makanan kita terdiri dari makanan kaya air. Untuk itu kita perlu makan buah dan sayur miniml 5 kali etiap hari dengan 5 macam warna yang berbeda karena warna buah dan sayur mencerminkn kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah dan sayur tersebut.
Ketujuh, makan buah ketika perut kosong, bukan untuk cuci mulut. Satu - satunya makanan yang dapat digunakan otak adalah glukosa dan sumber energi yang paling mudah dibakar melalui metabolisme tubuh adalah glukosa.
Kedelapan, kombinasikan makanan secara efektif. Buah dimakan ketika perut kosong. Sayur dapat dimakan bersama karbohidrat atau protein.
Kesembilan, kurangi lemak jenuh. Contoh lemak jenuh adalah lemak susu, mentega, keju, dan daging merah. Karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh mencakup terganggunya peredaran darah dan sistem pembuangan.
Kesepuluh, kurangi konsumsi gula, cuka, nikotin, alkohol, kafein, daging merah.


Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat ...
Selamat mencoba yaa ^^



Sumber : Buku Berjudul " Stategi Pengembangan Diri "

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar