Jumat, 21 Desember 2012

MAKANAN BERGIZI


F
ungsi makanan yang utama adalah sebagai sumber energi bahan pembagun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit.
Beberapa jenis makanan seperti beras,kentang,jagung,ubi,dan sagu merupakan makanan pokok penduduk di indonesia.Makanan ini banyak mengandung zat pati atau karbohidrat.
Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia.Makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu beras,jagung,gandum,ketela pohon,dan ubi.Kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda.Karbohidrat berguna untuk menghasilkan tenaga.
        Lemak di perlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga dan si simpan sebagai cadangan makanan.Jika zat tenaga yang bersumber dari karbohidrat habis,lemak di gunakan sebagai penggantinya.
Bahan makanan yang merupakan sumber lemak nabati adalah kelapa, kacang-kacangan, kemiri, avokad,dan kelapa sawit. Adapun sumber lemak hewani adalah daging, telur, mentega, susu, dan keju.
Kegunaan protein dalam tubuh, di antaranya menjadi cadangan energi penghasil energi pelindung alat tubuh bagian dalam, pelarut vitawin A,D,E, dan K serta menjaga suhu tubuh.


 
  



Kegunaan protein dalam tubuh, antara lain untuk:
1. Membangun sel-sel dan jaringan tubuh
2. Mengganti sel-sel yang telah tua atau rusak
3. Membentuk zat pengatur tubuh, hormon, dan, enzim
4. Membuat zat kekebalan tubuh
5. Menghasilkan tenaga

.
Vitamin  A, B, E,dan K tidak larut dalam air tetapi larut dalam lemak, sedngkan vitamin B ( terdiri atas B15,B2,B6,B12 )

 dan vitamin C larut dalam air. Vitamin merupakan zat yang di perlukan untuk kesehatan dan pertumbuhan
        Hampir 70% berat tubuh kita adalah air.Air atau H2O berfungsi untuk membentuk cairan tubuh, melarutkan zat makanan, membantu percernaan makanan, menjaga kestabilan suhu tubuh dan membuang zat sisa keluar dari tubuh melalui air kencing.Jika kita hendak minum, kita harus minum air yang sudah di masak.Kuman-kuman dapat mati pada suhu 100 0 yaitu air yang sudah mendidih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar